1)
Pengertian
Media Gambar
Gambar
oleh Oemar Hamalik diartikan sebagai segala sesuatu yang diwujudkan secara
visual dalam bentuk dua dimensi sebagai curahan perasaan atau pikiran, yang
terdiri atas lukisan, ilustrasi, karikatur, kartun, poster, gambar, seri,
potret, dan slide.[1] Media
gambar merupakan suatu sarana pengajaran yang berbentuk gambar yang mengandung
makna, situasi, keadaan, peristiwa dan benda. Hingga pepatah cina mengatakan bahwa “sebuah
gambar berbicara lebih banyak daripada seribu kata”
Gambar
merupakan media reproduksi bentuk asli dalam dua dimensi yang merupakan media visual
yang efektif karena dapat menvisualisasikan sesuatu yang akan dijelaskan dengan
lebih kongkrit, realistis dan menarik.
2)
Fungsi Media Gambar
Gambar termasuk ke dalam bagian media visual. Fungsi media visual
sama halnya dengan fungsi media pendidikan yaitu alat penyampaian pesan. Secara
khusus media visual berfungsi untuk memperjelas sajian ide/materi (fungsi atensi), menarik perhatian dan menggugah emosi (fungsi afektif), mempermudah
memahami dan mengingat informasi atau pesan (fungsi kognitif), mempercepat penangkapan dan pemahaman materi (fungsi kompensatoris.)[2]
Dengan
gambar tersebut, informasi yang disampaikan dapat dimengerti dengan mudah
karena hasil yang didemonstrasikan lebih mendekati pada kenyataan. yakni
melalui gambar/foto tersebut jika diperlihatkan kepada anak-anak, maka hasil pengetahuan
atau pemahaman yang akan diterima oleh anak-anak akan sama.
3)
Kelebihan Media Gambar
Ada beberapa alasan dipilihnya gambar sebagai media yang paling
efektif dan efisien dalam pengajaran, khususnya dalam pembelajaran keterampilan menulis. Yaitu
:
a)
Gambar
bersifat konkrit dan realistis
b)
Gambar
dapat mengatasi batasan
ruang dan waktu.
c)
Gambar
mengatasi kekurangan daya maupun panca indera manusia terutama mengatasi keterbatasan pengamatan
seseorang.
d)
Dapat
digunakan untuk menjelaskan suatu masalah, oleh karena
itu bernilai terhadap semua mata pelajaran di
sekolah.
f)
Mudah
digunakan, baik untuk perorangan maupun untuk kelompok.[4]
4)
Kekurangan/kelemahan Media Gambar
Selain kelebihan-kelebihan
diatas, media gambar juga mempunyai kekurangan/kelemahan. Yaitu :[5]
a)
Gambar hanya menekankan persepsi indera
penglihatan
b)
Gambar merupakan benda yang terlalu kompleks
kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran
c)
Ukurannya sangat terbatas untuk kelompok
besar.
5)
Syarat Penggunaan Media Gambar
Beberapa syarat yang harus
dipenuhi untuk menjadikan gambar sebagai media pembelajaran. Diantaranya adalah
:
a)
Autentik; gambar tersebut harus secara jujur
melukiskan situasi seperti kalau orang melihat benda sebenarnya.
b)
Sederhana; Komposisi gambar hendaknya cukup
jelas menunjukkan poin-poin pokok dalam gambar.
c)
Ukuran relatif; Gambar dapat diperbesar atau
diperkecil dari objek sebenarnya sesuai dengan kebutuhan.
d)
Gambar hendaknya mengandung unsur gerak atau
perbuatan (aktivitas tertentu)
e)
Gambar yang bagus belum tentu merupakan media
yang bagus. Gambar hendaklah bagus dari sudut seni dan sesuai dengan tujuan
pembelajaran yang dicapai.[6]
f)
Harus memperhatikan segi fotografi dan
artistiknya, karena anak-anak cenderung memperhatikan sumber yang lebih
menarik.
g)
Gambar harus membawa pesan (message)
yang cocok untuk tujuan pembelajaran yang sedang dibahas.[7]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar