Blogger news

Minggu, 08 Juni 2014

من علامة الإعتماد على العمل نقصان الرجاء عند وجود الزلل



من علامة الإعتماد على العمل نقصان الرجاء عند وجود الزلل
“Diantara ciri orang yang selalu mengandalkan amal perbuatannya adalah berkurangnya harapan kepada Tuhan ketika melakukan kesalahan-kesalahan” –ibn ‘Athoillah–
Pesan yang ingin disampaikan oleh Ibn’Athoillah dalam hikmah tersebut adalah : dalam rangka mencari ke-ridlo-an Tuhan, dan meraih balasan dari amal perbuatan yang telah dijanjikan oleh-Nya hendaknya seorang hamba jangan terlalu mengandalkan amal perbuatan yang telah ia kerjakan. Akan tetapi, ia harus tetap selalu berpegang pada kasih sayang Tuhan, anugerahNya, dan kedermawananNya.

Pesan ini didasarkan pada hadits Rasulullah SAW.
لن يدخل أحدكم الجنة عمله
“Amal perbuatan seseorang, tak kan pernah bisa memasukkannya ke surga”
Mendengar hadits ini pun para Shahabat bertanya kepada Beliau : “Tak juga engkau, wahai Rasulullah?”,Rasul pun menjawab : “Tak juga aku, kecuali Allah telah menumpahkan rahmatNya padaku”.
Dari hadis tersebut bisa disarikan bahwa, amal perbuatan bukanlah harga mati untuk masuk surga. Dengan demikian, ketika seorang hamba, diberi pertolongan untuk melakukan amal ibadah, hendaknya ia selalu berharap ke-ridlo-an Allah dan pahala dariNya, sebagai ekspresi harapan terhadap anugerah, ampunan, dan kedermawanan-Nya, bukan upah atas amal perbuatan yang telah dianugerahkan.
Dari sinilah, Ibn ‘Athoillah berkata, diantara ciri utama bahwa seseorang bertumpu pada amal perbuatan, bukan pada anugerah Allah adalah berkurangnya harapan terhadap ampunan Allah ketika melakukan kesalahan-kesalahan.
Wallahu A'lam

Tidak ada komentar: